Posted by : Unknown Kamis, 30 Juli 2015

Salam Sastra Jepang! Kali ini admin akan berbagi artikel yang bisa menginspirasi bagi kamu mahasiswa Sastra Jepang terutama bagi kamu yang masih berpikir dua kali setelah lulus di jurusan Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara. Kenapa masih berpikir dua kali? kan sudah lulus di Sastra Jepang. Mereka yang berpikir dua kali itu pasti karena mereka yang lulus di Sastra Jepang memikirikan mengenai stigma negatif yang ada pada orang-orang mengenai Sastra Jepang.
Udah jangan terlalu dipikiri.. (hehe..) Biarkan mereka bicara. Ayo kita bertindak.! Sastra Jepang itu hebat lho! Kalau kita mau mencari kehebatan itu kita pasti menemukannya! Yok.Kita mulai ke pokok pembahasan.

Kamu pasti pernah ditanya dengan beberapa pertanyaan dibawah ini.
Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering di tujukan kepada mahasiswa Sastra Jepang :
A   : Kuliah dimana?
me : Kuliah di USU
A   : Jurusan?
me : Sastra Jepang..
A   : (70% kemungkinan pertanyaan dari si A :)
Mengapa memilih jurusan Sastra Jepang?
Kuliah Sastra Jepang mau jadi apa?
Kenapa kok mau ngambil jurusan Sastra Jepang?
Pasti karena pilihan ketiga.
      (30% pertanyaan/kesimpulan dari si A : )
Oo.. Mau jadi orang Jepang ya?
me  : (" -_-)
Dah pandai lah sekarang bahasa Jepang. xixi
mau pengen ke Jepang ya?
     (20% pertanyaan/pujian dari si A :)
Hebat ya!! ajarin aku bahasa jepang lah!
Bahasa Jepang nya aku cinta kamu apa?
me  : (" -_-)

Nah, 95% mahasiswa Sastra Jepang pernah mengalami pertanyaan di atas dengan reaksi jawaban yang beragam. Tapi satu keyakinan besar yang dimiliki mahasiswa Sastra Jepang adalah "Hei para tukang ejek.! Suatu hari nanti aku pasti bisa lebih sukses darimu..!" lain lagi sama mahasiswa yang pesimis dan malas belajar.
Bagi sebagian besar orang, mereka banyak mengira kalau mahasiswa lulusan dari sastra jepang masa depan nya suram dan mimim peluang untuk bekerja. Padahal kenyataannya tidak demikian. Lulusan Sastra Jepang mempunyai banyak lapangan pekerjaan yang menanti mereka.



Berikut lapangan pekerjaan untuk lulusan sastra jepang :
Pekerjaan yang mengandalkan kemampuan Bahasa Jepang sebagai skill utama  :
- Translator, interpreter bahasa Jepang di perusahaan nasional dan internasional.
- Sebagai pendidik/pengajar bahasa Jepang di lembaga/institusi pendidikan.
- Bekerja sebagai staf di Konsulat atau Kedutaan besar Jepang.
- Departemen Luar Negeri.
- Diplomat untuk negara Jepang.
- Peneliti Sastra & Budaya Jepang
- Tour Guide bagi wisatawan asing, terutama wisatawan asal Jepang.
Banyak juga lulusan Sastra Jepang yang bekerja diluar jalur yang mereka ambil. ada yang bekerja di Bank, perusahaan Asuransi karena sistem penerimaan menerima semua jurusan. Itu sih tergantung orang nya, tiap orang kan punya jalan hidup masing-masing. Tapi alangkah baiknya lagi jika kita bisa bekerja dipekerjaan yang berada di jalur keilmuan kita. Paling tidak bekerja diperusahaan Jepang lah. (hehe..). Kalau bisa sih lulusan Universitas apapun jurusannya jadi pengusaha semua. biar menciptakan lapangan pekerjaan. alasan ketidakmampuan membuat usaha sendiri membuat lulusan universitas bekerja dengan orang lain sebagai pegawai. Sebagian pengusaha baru berkata ( Kerja sama orang dulu baru pekerjakan orang ) hehe.. (selesai bercandanya, kembali ke pembahasan)
Diluar Pekerjaan inti tersebut, banyak juga mahasiswa Sastra Jepang yang berkeinginan bekerja di negara Jepang.Tapi ada satu masalah yang sering menghampiri  mereka, masalah itu adalah tidak banyaknya lapangan pekerjaan di Jepang yang hanya membutuhkan kemampuan bahasa Jepang kita. Negara Jepang tidak hanya membutuhkan kemampuan bahasa Jepang saja, melainkan softskill kita diluar kemampuan bahasa Jepang.

Jadi yang HARUS ditelaah disini adalah mahasiswa Sastra Jepang harus bisa mengasah ketrampilan dan softskill mereka diluar kemampuan bahasa Jepang itu sendiri.
"Kapan kita mulai mengasah ketrampilan dan softskill kita? kan kita sibuk dengan materi perkuliahan?" Sastra Jepang tidak begitu sibuk kok, kalau kita pandai mengatur waktu.
Di Sastra Jepang USU saja perkuliahan selesai paling jam 13.20. ada banyak waktu setelah itu. Nah. mumpung ada waktu apa salahnya kita pergunakan untuk melatih softskill dan keterampilan kita.

                                 
Softskill adalah keterampilan seseorang dalam mengatur diri sendiri (Intrapersonal Skill) dan mengelola hubungan dengan orang lain (Interpersonal Skill) sehingga mampu bekerja secara maksimal. oleh karena itu jangan salah kalau Sastra Jepang USU terkenal karena event - event nya yang banyak. menandakan bahwa mahasiswanya mempunyai softskill yang hebat sehingga mampu menciptakan acara - acara besar. Contohnya acara Bunkasai USU yang setiap tahun dilaksanakan.



Diluar softskill Ada banyak keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan :
- Di bidang IT misalnya, pemrograman, teknik komputer (bisa dilakukan dengan mempelajari seluk beluk CPU,bongkar pasang CPU dll), administrasi perkantoran yang merangkap IT (Microsoft Office) dan juga bagi kamu yang bisa menggabungkan seni dan teknologi bisa menekuni desain grafis.- Di bidang perkantoran misalnya seperti mempelajari administrasi perkantoran, akuntansi ataupun perpajakan.
- Kalau memang sudah bakat.keterampilan dibidang seni seperti, mendesain, melukis, bermusik, dll 
- Atau dibidang diplomasi dan kecakapan berbicara. kamu bisa mempelajari ilmu komunikasi dan pengetahuan umum mengenai permasalahan dunia. siapa tahu bisa jadi diplomat Indonesia  untuk jepang.(amin)

Beberapa contoh keterampilan dan softskill diatas bisa dengan mudah dipelajari tanpa harus mengikuti perkuliahan.

Semua itu tergantung kita sendiri, mau pekerjaan dengan gaji single atau double, itu terserah kita.
Atau mau melanjutkan kuliah ke Jepang? (Ide bagus tuh..)
Zaman terus berubah semakin maju lho.. apa mau kita ketinggalan kereta di tangah tuntutan zaman yang semakin rumit? Akan lebih baik kalau kita bisa mempunyai skill tambahan diluar kemampuan bahasa Jepang kita.

Satu lagi nih, satu sampai dua kali dalam setahun diadakan ujian kemampuan bahasa Jepang  / Japanese Language Proficiency Test (Nihongo Nouryouku Shiken) untuk menguji kemampuan berbahasa Jepang kita. ada beberapa tingkatan mulai dari level terendah N5 sampai level N1. Sebagai Mahasiswa Sastra Jepang usahakan kita lulus N4. Lulus N4 membuktikan bahwa kita bisa mengaplikasikan bahasa Jepang dasar. Tapi sertifikat N4 bukan apa-apa. Kalau kita bisa lulus level yang lebih tinggi lebih baik lagi toh.
Untuk masuk ke perusahaan Jepang minimal mereka menerima seritifikan N2 dan N1 untuk bekerja di sana. ada juga beberapa yang menerima seritifikat N3 dan N4. Ayo.!! kalau bisa lulus dari Sastra Jepang USU usahakan sudah mengantongi sertifikat JLPT minimal N4.



Seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini negara Jepang menempati peringkat ke-3 negara investor terbesar di Indonesia setelah Singapura dan Malaysia. Menyusul Korsel dan Tiongkok. (BKPM 2015) Sebagai negara dengan investasi terbesar diluar ASEAN, Jepang lah yang paling besar menanamkan modal nya di Indonesia sebesar US$ 1,98 miliar. menurut data BKPM 2015 Selain sektor otomotif dan elektronik, beberapa sektor lain yang dilirik investor asal Jepang antara lain sektor peternakan, perkapalan, properti dan rumah sakit hingga sektor sekunder seperti industri pengolahan. "Nah, sebentar lagi Jepang menguasai Indonesia." hehe...(ngeles).
Untuk mengelola investasi mereka, investor Jepang pasti menginginkan SDM dari Indonesia untuk bekerja di lahan Investasi mereka.Siapa lagi kalau bukan kita, Anak Sastra Jepang! :D .
ACFTA sudah berjalan lho, apa kita mau investor Jepang mengambil SDM dari negara tetangga seperti dari Thailand, atau Malaysia? kalau ada pemuda Indonesia ngapain mereka jauh jauh ngambil staf ahli ke sana. ya kan?


Kesimpulan terakhir adalah,
Kalau ada kemauan pasti ada jalan (If there is a will there is a way), anggap saja tanggapan miring mereka yang menyepelekan lulusan Sastra Jepang sebagai angin lalu. Dan tekat kita adalah untuk menjadi lulusan Sastra Jepang yang sukses dan menyingkirkan stigma negatif itu dari muka bumi.(hehe..) Sastra Jepang pasti BISA!! Aotake BANZAI!!



68 komentar

^^ makasih informasinya senpai

Arigato gozaimasu senpai, berkat artikel ini dilema sya untuk memilih jurusan sudah teratasi, semoga cita cita sya bisa terkabulkan lewat kuliah sastra Jepang, amin....

Arigato gozaimasu senpai, berkat artikel ini dilema sya untuk memilih jurusan sudah teratasi, semoga cita cita sya bisa terkabulkan lewat kuliah sastra Jepang, amin....

salam....
saya Aas Suryani, mahasiswi Sastra Jepang Universitas Jenderal Soedirman. Seperti yang sudah mas kemukan sayapun sering kali mengalami hal demikian, terlebih saat SMA saya anak IPA dan sebagian besar rekan-rekan saya masuk jurusan eksak.
Kadang pertanyaan itu bisa membuat patah semangat apalagi dengan beberapa pernyataan teman "kok bisa sih milih sastra jepang?!" nah awalnya memang bingung jawab apa, kadang jadi bertanya balik "iya yah kok bisa sih?" apalagi saya memang memulai semuanya dari nol gak punya basic sama sekali dan belum pernah belajar sebelumnya.
Tapi ketika saya percaya tak ada yang tidak mungkin nyatanya saya masih bisa bertahan sampai sekarang mau semester 4. walau memang harus belajar tertatih-tatih ibaranya tapi semua memamg butuh proses hehehe
tapi yang saya syukuri masuk sastra memang benar kata mas banyak waktu luang jadi bisa mengasah softskill dimanapun termasuk organisasi, gak ada laporan, acc-an, responsi, praktikum yang menyita waktu banyak seperti rekan-rekan saya di jurusan eksak heheh.

terima kasih telah berbagi, jadi makin mantap sama jurusan sendiri.

ใ‚ˆใ‚‹ใ—ใ。 ๐Ÿ˜Š

Semoga saya diterima di satra jepang USU tahun ini amin :)

kak saya anak IPA tp pada pendaftaran snmptn saya berminat sastra jepang di unud. bagaimana peluang saya untuk masuk sastra jepang di unud?
trims

yah,saya berniat masuk sastra jepang,saya juga memiliki basic tentang Jepang yang masih nol,dan juga saya berasal dari SMK

Nozomi wa aru nara, michi wa aru(betul gk tuh)

Maksih Min, infonya berguna bgt....

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

artikel yang membantu, terima kasih!

Terimakasih atas informasinya, artikel ini sangat membantu saya yang lagi bingung untuk memilih jurusan apa?
Saya anak smk jurusan akuntansi tp saya mulai tertarik dengan pelajaran bahasa jepang yg diajarkan oleh sensei di sekolah

Tapi kalau sewaktu Sekolah tidak pernah ada pelajaran bahasa Jepang atau kursusbahasa Jepang apakah akan menurunkan kemungkinan diterima di Jurusan ini?

ใ‚ˆใ‚‹ใ—ใatau ใ‚ˆใ‚ใ—ใ?

Yang udah lulus terus bingung mau kerja dimana hubungi saya ajah..ada lowongan kerja di perusahaan jepang

ใ‚ˆใ‚ใ—ใ bro

Min atau yang lain nya ...
Tolong invite 552AD86F lagi butuh orang yg berbagi pengalaman ...
Bagi yg udh masuk kuliah

Bener kadang ditanyain gitu belum lagi nih saya dari jurusan Bahasa di SMA udah dikatain sama orang-orang 'ngapain masuk jurusan bahasa? emang entar kuliah dimana?' Jadi saya sudah terbiasa dengan 'lecehan' ini. Kebetulan waktu SMA kelas satu saya tiba-tiba suka bahasa jepang. Tiap hari belajar sampai lulus SMA. Waktu pengumuman SNMPTN saya ketrima di Universitas Brawijaya Malang jurusan SASTRA JEPANG!! Mimpi saya bisa jadi kenyataan karena kerja keras berusaha melakukan yang terbaik demi bisa masuk situ karena ada 'rasa ingin membuktikan ke semua orang' bahwa Jurusan BAHASA dan Jurusan SASTRA APAPUN bisa jadi lebih dari Jurusan Apapun asalkan kita menekuninya Inshaallah Apa yang dicitakan terkabul :)

arigatou gozaimasu . Watashiwa koukousei desu

arigatou gozaimasu . Watashiwa koukousei desu

kalo saya simpel aja.,
temen : kenapa ngambil jurusan b.jepang
saya : mau jadi dosen
temen : speechless

assalamualaikum...
saya juga di SMA mengambil jurusan BAHASA, saya kepengennya bisa masuk ke PTN jurusan sastra Jepang, nahh buat senpai senpai ada gak yang mau berkenan bagaimana ajah sih caranya buat bisa masuk jurusan sastra Jepang, intinya mah supaya bisa nanya" gituh, please banget add line saya senpai @willy_000

Kalau waktu SMA jurusannya IPA tapi mau masuk jurusan sastra jepang bagaimana? Apa bisa anak IPA diterima di sastra jepang? Mohon dibalas

Kalau waktu SMA jurusannya IPA tapi mau masuk jurusan sastra jepang bagaimana? Apa bisa anak IPA diterima di sastra jepang? Mohon dibalas

Hmmm... jadi tambah minat sama Sastra Jepang, udh dari smp kelas 2 sampe sekarang 1 semestrer lagi di sma :D
Makin semangat!!!
Fight ON!!!!
ใŒใ‚“ใฐใ‚‹!!

Mau nanya. Saya anak IPA, terus nanti kuliah Insyaallah mau ambil Sastra Jepang, berarti nanti tes nya SAINTEK dan SOSHUM ya? Atau cuma SOSHUM?

Saya juga punya pertanyaan yang sama seperti @nana

coba mas line sayaa vebbyvl10, sedang cari kerja

Kalo mau masuk sastra jepang apa aja si tesnya ? Minta info nya dong line:ilhamgo_am

Meskipun perempuan tetapi saya ambil jurusan teknik di smk, suka sama bahasa jepang dari kelas 1 smk karena teman juga sih dia ajak nonton anime muehehehe.. itu pun sudah semester 2. di dalam hati terus bicara kecil " kenapa ambil jurusan teknik sih "

nah tahun ini lulus dan mau ambil sastra jepang, tapi jurusan teknik dari smk bisa gak yah ?

klo yg dipilih cmn 1 (sastra) tesnya cmn dpt soshum

Gue juga pernah tuh dapet pertanyaan kaya gitu dari temen..
Temen : kenapa ambil b.jepang..? Kan lo lulusan IPA..
Saya : ๅฅฝใใชใ‹ใ‚‰。。
Temen : (terdiam)

Yoroshiku bro, yg kanan :)

Btw gue masih kelas3 sma , positif bakal ambil sastra jepang,

Yang mau gue tanyain kalau misalnya kelar sastra jepang dan lulus gelasrnya apa ya?

Misalnya lulusan ekonomi jasi sarjana ekonomi (SE)

setuju bgt


http://www.sastrawacana.com/2017/08/lulusan-sastra-mau-kerja-apa-jawab.html

Arigato.....

That's really help me....

Masih kelas 3 sma. Pertama bingung sih mau ambil sastra jepang atau gak. Tapi,sekarang dah yakin deh mau ambil sastra jepang.

Bisa kok, kata siapa gak bisa. Saya juga ambil Ipa dan rencana pas lulus ambil sastra jepang

Bisa kok, kata siapa gak bisa. Saya juga ambil Ipa dan rencana pas lulus ambil sastra jepang

enak Sastra Jepang, KKLnya ke jepang ya ?
My blog

Arigatou ne, akhirnya ga galau lagi:'

Gua juga... i believe ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Gua juga... i believe ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Gelarnya kalo gk salah S.S apa S.Hum gitu

makasih banyak ya..
ibu saya juga tanya kayak gitu. tapi berkat artikel ini, saya bisa ninjukin ke ibu saya kalau ngambil sastra Jepang nanti tetap ada peluang kerjanya juga...

Makasih banyak kak, saya jadi bisa mantapin tujuan saya untuk ambil sastra jepang di usu

Makasi kak buat artikelnya, jd makin semangat diterima sastra jepang di usu :") hehehehe

Makasi kak buat artikelnya, jd makin semangat diterima sastra jepang di usu :") hehehehe

Saya awalnya sedih pas dengar orangtua saya ngomong:"kok kamu belajar bahasa jepang sih?
Emangnya bahasa jepang bisa bikin kamu sukses?udah deh ambil bahasa inggris aja...
Pas dengarnya hati saya terpukul dan putus asa untuk belajar lagi...
Yah mungkin gw harus ikutin kata orangtua gw...
Tapi pas gw baca ini,entah kenapa gw yakin buat ngambil jurusan sastra jepang dengan tekat yang kuat...terima kasih min udah buat semangatku bangkit lagi,dan enggak ragu lagi buat ambil sastra jepang...

ใ‚ใ‚ŠใŒใจใ”ใ–ใ„ใพใ™������

Do'aikan aku ya guys aku ingin masuk japanese literature di unpad tahun depan, semoga keterimaaa. aamiin. Semoga kalian yang mau masuk jurusan ini akan diberi kelancaran untuk masuk ke univ yang diinginkan juga. Aamiin

Sastra Jepang menarik... Saya ingin berbagi wawancara dengan Akira Kurosawa (imajiner) di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/04/wawancara-dengan-akira.html

Assalamu'alaikum
Saya lulus diSastra Jepang tahun ini, tapi saya agak bingung dan sedikit ragu untuk melanjutkan kejurusan sastra Jepang ini.
Bagi kakak dan abang-abang ada yang bisa ngasih gambaran gak gimana kuliah sastra Jepang ini ?

Mantabh gann sejelan lah sama we....

terima kasih banyak senpai...saya juga orang medan dan ingin masuk usu dan ngambil jurusan sastra jepang...artikel ini sangat membantu dan semakin menambah semangat saya...

terima kasih banyak senpai...saya juga orang medan dan ingin masuk usu dan ngambil jurusan sastra jepang...artikel ini sangat membantu dan semakin menambah semangat saya...

Mau Tanya kak, kakak sendiri konsentrasinya k apa ya? Sastra, budaya, sejarah atau linguistik?

Iya mbk, terima kasih bnget ^_^ atas blog ini aku jadi lebih percaya diri. Rencananya ini saya juga mau ambil jurusan sastra jepang soalnya,..

Trims buat pencerahannya
Saya sebagai orangtua yg gak tahu mengenai minat keras anak yg ingin sekali masuk kuliah sastra jepang
Padahal anak saya nilai raport sma jurusan ipa nya bagus untuk bidang hitung"an
Tapi bersikukuh untuk ke satra jepang
Membaca tulisan diatas saya bisa lega dan bisa menerima nya

Salam hormat

Trims buat pencerahannya
Saya sebagai orangtua yg gak tahu mengenai minat keras anak yg ingin sekali masuk kuliah sastra jepang
Padahal anak saya nilai raport sma jurusan ipa nya bagus untuk bidang hitung"an
Tapi bersikukuh untuk ke satra jepang
Membaca tulisan diatas saya bisa lega dan bisa menerima nya

Salam hormat

Lowongannya masih kak ??

Akirameruna Minna , Kitto dekiruzo

Terima kasih pencerahanya.
Anak saya saat ini kls 12 dan tahun depan berminat kuliah ambil sastra jepang.
Awalnya pertanyaan saya adalah: setelah memegang ijazah sastra jepang, mau apa dan kemana?
Artikel diatas ternyata jawabanya..
Terima kasih..

Saya ingin masuk jurusan sastra Jepang tapi saya belum ada Persiapan:( Bagaimana?

Wow kalau boleh tau sekarang kaka kuliah dimana?di sastra jepang?atau sudah kerja?

Ternyata gua ga sendiri yang milih jurusan bahasa Jepang karena mau jadi dosen:)

Pengunjung

Populer

Jejak Pendapat

Apakah Blog Ini Membantu Anda Mengetahui Informasi Seputar Aotake?
pollcode.com free polls
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © AOTAKE -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -